SILABUS
Madrasah :
MTs Miftahul Huda Ledug
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester :
VII / 2
Unit : 5
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan wawancara
Menulis
Mengungkapkan
berbagai informasi dalam bentuk narasi
dan pesan singkat
Membaca
Memahami
wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
Siswa
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1
Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang
disampaikan dalam wawancara
|
Penyimpulan pikiran, pendapat,
dan gagasan dalam wawancara
|
o
Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
· Mendata pikiran, pendapat, dan
gagasan yang dikemukakan narasumber
o
Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang
dikemukakan narasumber
o
Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber
yang disampaikan dalam wawancara
o
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam
beberapa kalimat singkat
|
· Mampu mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
· Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat,
dan gagasan narasumber
· Mampu menuliskan informasi yang
diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
·
Datalah berbagai pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber dalam wawancara yang kamu dengarkan
·
Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!
·
Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara dari
televisi/radio
Narasumber
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
·Berani
( courage )
|
9.2.Menuliskan dengan singkat hal-hal penting
yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Penulisan hal-hal penting/
isi wawancara
|
· Mendengarkan wawancara
· Tanya jawab hal-hal penting
dari narasumber yang diwawancarai
· Menuliskan hal-hal penting dari wawancara yang didengarkan dengan
bahasa yang komunikatif
|
· Mampu mendata hal-hal penting
dari narasumber yang diwawancarai
· Mampu menuliskan hal-hal penting dari suatu wawancara dengan
bahasa yang komunikatif
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes uraian
Tes uraian
|
·
Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber dari wawancara yang kamu dengarkan!
·
Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawancara yang kamu
dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara dari
televisi/radio
Narasumber
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
12.1 Mengubah
teks wawancara menjadi narasi
|
Cara mengubah teks wawancara
ke bentuk narasi dan implementasi- nya
|
o
Mengkliping teks wawancara
o
Tanya jawab mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi kalimat
tidak langsung
o
Tanya jawab cara penulisan kalimat langsung menjadi tidak langsung
o
Menarasikan teks wawancara dalam beberapa paragraf
o
Menyunting teks narasi berdasarkan hasl wawancara tulisan sendiri
dan teman
|
· Mampu mengubah kalimat langsung
dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung
· Mampu mengubah teks wawancara
menjadi narasi
· Mampu menyunting narasi sendiri
atau teman
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Ubahlah kalimat langsung di
dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
§ Narasikan teks wawancara!
§ Suntinglah tulisan narasimu!
|
4 X 40”
|
Media cetak.
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi
dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan
|
Cara menemukan realitas kehidupan
di dalam cerita anak implementasi- nya
|
o Membaca buku cerita anak
o Berdiskusi untuk
mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
o Menemukan realitas kehidupan
anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.
|
· Mampu menuliskan perilaku, kebiasaan
yang ada dalam buku cerita anak
· Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang
terefleksi dalam buku cerita anak.
|
Tes tulis
|
Tes
uraian
|
§ Identifikasilah perilaku atau kebiasaan yang terdapat di
dalam cerita anak yang kamu baca!
§ Tuliskan realitas kehidupan
anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca!
|
6 X 40”
|
Buku cerita anak
Buku teks
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS
Madrasah : MTs Miftahul Huda
Ledug
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII / 2
Unit : 6
Standar Kompetensi :
Berbicara
Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui
kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
Menulis
Mengungkapkan
berbagai informasi dalam bentuk narasi
dan pesan singkat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
Siswa
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
10.2. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
|
Bertelepon dan etikanya
|
o
Mencermati model-model bertelepon kemudian disdiskusikan tata cara
bertelepon
o
mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o
Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks
|
o
Mampu mendiskusikan tata cara bertelepon
o
Mampu mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mampu bertelepon dengan berbagai
mitra bicara sesuai dengan konteks
|
Tes unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
Berteleponlah dengan temanmu
sesuai dengan konteks!
|
4 X 40”
|
Buku Petunjuk Penggunaan
Telepon
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
· Berani
( courage )
|
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, dengan
menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
|
Penulisan pesan singkat
|
o
Membaca contoh pesan singkat
o
Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat
o
Tanya jawab tentang pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
o
Menulis pokok-pokok pesan yang akan
o
Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
|
· Mampu menulis pokok-pokok pesan
yang akan ditulis
· Mampu menulis pesan singkat
sesuai dengan konteks
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulislah pokok-pokok pesan!
§
§ Tulislah pesan singkat sesuai
dengan pokok-pokok pesan!
|
4 X 40”
|
Teks
bacaan yang berikan berbagai pesan
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
|
Cara menanggapi pembacaan
cerpen dan implementasi- nyan
|
o
Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o
Mendiskusikan cara pembacaan cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan
suasana cerpen
o
Menggungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen
o Menanggapi cara pembacaan cerpen dikaitkan dengan suasana dalam
cerpen, isi, dan pesan,
|
· Mampu menangkap isi, pesan, dan
suasana cerpen yang didengarkan
· Mampu mengungkapkan lafal, intonasi,
dan ekspresi pembaca cerpen
· Mampu menanggapi cara pembacaan
cerpen
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
§ Sebutkan isi, pesan, dan
suasana cerpen yang kamu dengarkan!
§ Bagaimaanakah lafal, intonasi,
dan ekspresi wajah pembaca cerpen yang kamu saksikan?
§ Bagaimanakah cara pembacaan
cerpen yang kamu lihat bila dikaitkan
dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ?
|
4 X 40”
|
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
· Berani
( courage )
|
14..2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial
|
Cara menjelaskan hubungan
latar cerpen dengan realitas kehidupan sosial dan implementasi- nya
|
o
Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o Berdiskusi untuk mendata latar cerpen
o
Mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini
|
· Mampu mendata latar cerpen
· Mampu mengaitkan latar cerpen
dengan realitas sosial masa kini
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
§ Bagaimanakah latar yang terdapat
di dalam cerpen yang kamu dengarkan?
§ Bagaimanakah keterkaitan antara
latar yang terdapat di dalam ccerpen yang
kamu dengarkan dengan realitas kehidupan masa kini?
|
4 X 40”
|
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
· Berani
( courage )
· Ketulusan
( Honesty )
|
SILABUS
Madrasah :
MTs Miftahul Huda Ledug
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII / I
Unit : 7
Standar Kompetensi :
Membaca
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
Mendengarkan
Memahami
pembacaan puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
Siswa
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks
|
Penemuan gagasan utama teks
|
o
Membaca teks
o
Mendiskusikan gagasan utama /ide
pokok suatu paragraf dalam teks bacaan
o
Tanya jawab letak kalimat utama/ dalam paragraf pada teks
|
· Mampu mengungkapkan gagasan
utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan
· Mampu menunjukkan letak kalimat
utama dalam suatu paragraf pada teks bacaan
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes
uraian
|
· Tunjukkan gagasan utama yang
terdapat dalam paragraf!
· Tunjukkan letak kalimat utama
yang terdapat di dalam teks!
|
2 X 40”
|
Teks bacaan
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
|
11. 3. Menemukan informasi secara cepat dari
tabel/diagram
|
Penemuan informasi dari tabel/diagram
|
o
Mengkliping satu tabel dan satu diagram dari media cetak, kemudian
mengamati tabel/diagram
o
Mendiskusikan bagian-bagian tabel/ diagram
o
Menyimpulkan isi tabel/diagram
o
Menyampaikan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang ada
dalam tabel/diagram
o
Mengubah tabel/diagram dalam betuk narasi tertulis
o
Menyunting narasi tertulis teman
|
· Mampu mengenali bagian-bagian
tabel/diagram
· Mampu menemukan makna/isi tabel/diagram
· Mampu mengubah tabel/diagram
dalam bentuk narasi
|
Penugasan
|
Tugas rumah
|
Klipinglah sebuah
tabel/diagram kemudian narasikan tabel/diagram tersebut sesuai dengan isinya!
|
2 X 40”
|
Buku teks, media cetak yang
di dalamnya terdapat tabel atau diagram
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
|
13.1. Menanggapi cara pembacaan puisi
|
Cara menanggapi pembacaan
puisi dan implementasi- nya
|
o
Mencermati model pembaca puisi
o
Mendiskusikan cara pelafalan,
intonasi, dan ekspresi pembaca puisi
o
Menanggapi dengan cara memberi
komentar atas keindahan maupun kekurangan dalam pembacaan puisi
|
· Mampu mengemukakan cara
pelafalan, intonasi, ekspresi pembaca
puisi
· Mampu memberi tanggapan dengan
alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
§ Berilah tanggapan atas
pembacaan puisi yang kamu dengarkan!
|
2 X 40”
|
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
|
13.2. Merefleksi isi puisi yang dibacakan
|
Cara merefleksi puisi yang dibacakan dan
implementasi- nya
|
o
Mendengarkan pembacaan puisi, kemudian
o
mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat dalam puisi
o
Mendiskusikan nada, suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan
dengan isi puisi
o
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi
o
Menulis persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan
kehidupan dalam puisi
|
· Mampu menangkap isi puisi
seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat
· Mampu mengemukakan pesan- pesan
puisi
· Mampu mengaitkan kehidupan
dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa
|
Tes tulis
Tes uraian
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Tuliskan gambaran penginderaan,
perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang dibacakan!
§ Tulis pesan-pesan yang terdapat
di dalam puisi yang dibacakan!
§ Deskripsikan persamaan dan
perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
|
4 X 40”
|
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
|
SILABUS
Madrasah :
MTs Miftahul Huda Ledug
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII / 2
Unit : 8
Standar Kompetensi :
Menulis
Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan
menulis kreatif puisi
Membaca
Memahami
wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Membaca
Memahami
wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita
dan bertelepon
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
Siswa
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
10.1. Mencerita-kan tokoh idola dengan mengemu-kakan
identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan
kata yang sesuai
|
Penceritaan tokoh idola
|
o
Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
o
Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh
o
Menentukan keunggulan tokoh dengan alasan yang argumentatif
o
Berlatih menceritakan tokoh
o
Mencermati model
o
Bertanya jawab tentang bahasa yang digunakan oleh model
o
Menceritakan tokoh dengan berpedoman kelengkapan identitas tokoh
|
· Mampu mengemukakan identitas tokoh
· Mampu menentukan keunggulan
tokoh dengan argumen yang tepat
· Mampu menceritakan tokoh dengan
pedoman kelengkapan identitas tokoh
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
Ceritakan
tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan
mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai!
|
6 X 40’
|
Media cetak (artikel
tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi
tentang tokoh
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
· Berani
( courage )
|
11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat diteladani
dari buku biografi yang dibaca secara intensif
|
Pengungkapan hal-hal teladan dari tokoh dalam biografi
|
o
Memilih buku biografi yang disukai, kemudian membaca salah satu buku
biografi
o
Menulis biodata tokoh dan keistimewaan tokoh dengan alasan yang logis
o
Menyimpulkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang
dibaca
|
· Mampu menyarikan riwayat hidup
tokoh
· Mampu menyimpulkan keistimewaan
tokoh
· Mampu mencatat hal-hal yang
dapat diteladani
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
· Bacalah sebuah buku biografi
kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh.
keistimewaan tokoh, hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh!
|
4 X 40”
|
Buku biografi
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
· Tanggung
jawab ( responsibility )
· Berani
( courage )
· Ketulusan
( Honesty )
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan
irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi puisi
|
Pembacaan indah teks puisi
|
o
Mengamati model pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi, irama, volume suara, mimik, dan kinestik
pembaca puisi
o
Menandai penjedaan pembacaan puisi lain
o
Berlatih membaca puisi
o
Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik,
kinestik sesuai dengan isi puisi
|
· Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
· Mampu membaca indah puisi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Puisi yang akan dibaca sudah
ditandai penjedaannya: ya/tidak
§ Irama pembacaan:
baik/cukup/kurang
§ Volume suara: baik/cukup/kurang
§ ...
|
6 X 40”
|
Teks puisi
Buku referensi
Buku teks
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
|
16.1
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
Penulisan puisi berkenaan
dengan keindahan alam
|
o
Mengamati lingkungan atau gambar-gambar keindahan alam
o
Mengidentifikasi keindahan alam dalam larik-larik puisi
o
Mengamati model larik-lari puisi tentang keindahan alam
o
Mendiskusikan pilihan kata dan rima dalam model
o
Menentukan topik puisi yang akan ditulis yang berkenaan dengan
keindahan alam
o
Menulis larik-larik puisi
o
Menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o
Menyunting puisi karya sendiri
|
· Mampu menulis larik-larik puisi
yang berisi keindahan alam
· Mampu menulis puisi dengan
pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
· Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
|
Uji petik kerja produk
Dokumen puisi (draf 1) dan puisi
yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman
dan/atau guru
|
§ Tulislah puisi tentang
keindahan alam dengan pilihan kata
yang tepat dan rima yang menarik!
§ Suntinglah puisi yang kamu
tulis!
|
4 X 40”
|
Lingkungan Gambar alam
Buku teks
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
|
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa
yang pernah dialami
|
Penulisan puisi berkenaan
dengan peristiwa yang dialami
|
o
Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
o
Memilih salah satu peristiwa yang dialami untuk dijadikan puisi
o
Menulis larik-larik puisi
o
menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o
Menyunting puisi yang ditulis sendiri
|
· Mampu menulis larik-larik puisi
tentang peristiwa yang pernah dialami
· Mampu menulis puisi dengan pilihan
kata yang tepat dan rima yang menarik
· Mampu menyunting puisi yang
ditulis sendiri
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
|
Uji petik kerja produk
Dokumen puisi (draf 1) dan puisi
yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau
guru
|
§ Tulislah puisi tentang
peristiwa yang pernah kamu alami
dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!
§ Suntinglah puisi tentang suatu
peristiwa yang Anda tulis!
|
4 X 40”
|
Peristiwa yang dialami
Buku teks
|
· Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
· Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
· Tekun
( diligence )
|
Mengetahui,
Kepala MTs.
Miftahul Huda Ledug
DAHLAN
EFENDI,S.Ag
|
|
Prigen ,
Guru Mapel Bahasa Indonesia
SHINTA
MAHBUBA,S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar